Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur dan Teknologi Pada Mobil Mitsubishi Xpander

mitsubishi xpander

Sejak tahun 2017, Mitsubishi memperkenalkan mobil Mitsubishi Xpander. Dan ternyata model ini sanggup menjadi lawan berat bagi Avanza.

Secara desain memang menarik, karena kabarnya menggabungkan desain dari pajero sport dan outlander. 

Yang ingin kami bahas disini bukan tentang desain, tetapi tentang fitur dan teknologi yang ada pada Xpander dan juga spesifikasinya. 

Harapannya bisa menjadi 'produk knowledge' atau bekal kita sebagai mekanik mobil.

Let's be montirpintar


1. Teknologi pada mesin Mitsubishi Xpander

mesin xpander

Dari sisi mesin, Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 1.500 cc atau tepatnya 1499 cc. Yang mampu mengeluarkan tenaga 77 kW pada 6000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4000 rpm.

Mesin juga dilengkapi dengan teknologi mekanisme katup yang canggih yaitu MIVEC

Apa itu MIVEC ?

Sebenarnya MIVEC adalah nama lain dari Variable Valve yang mengatur waktu dan banyaknya pembukaan dan penutupan katup. Untuk pembahasan teknologi MIVEC yang lebih lengkap, Anda bisa mempelajarinya disini

Mesin juga didukung sistem bahan bakar injeksi agar mengejar emisi yang bagus dan tenaga yang efisien. Mitsubishi menyebutnya dengan Electronic Controlled Injection - Multi Point Injection (ECI-Multi)

Secara teknis, mesin yang dipasang adalah 4A91. Mesin ini pernah dipasang juga pada Mitsubishi Lancer dan tipe lain yang tidak masuk ke Indonesia.

Mesin ini menggunakan teknologi dua poros nok atau yang kita kenal dengan istilah DOHC (Double Over Head Camshaft). Dan dilengkapi enam belas (16) katup. Itu artinya masing-masing silinder mendapat jatah dua katup masuk dan dua katup buang.

2. Teknologi Rise Body

Teknologi rangka bodi yang kokoh dirancang khusus sesuai standar semua kendaraan untuk memberikan keamanan terbaik dalam berkendara

Mitsubishi menyebutnya dengan RISE Body ( Reinforced Impact Safety Evolution) 

Banyak mobil-mobil modern yang sudah menggunakan teknologi seperti ini, makanya tidak jarang kita lihat ada mobil tabrakan, bagian ruang mesin rusak parah tetapi bagian kabin penumpang baik-baik saja. 

Itu karena teknologi diatas.

Walaupun ada yang bilang, mobil sekarang (hampir semua merk) kayak kaleng kerupuk. Nyenggol dikit bagian depannya rusak parah.

Padahal...

Kalau dilihat digambar, ada bagian yang dibuat kueras ada yang lemah untuk menyerap benturan. Dan fokusnya dalah keselamatan pengendara.

Jika dilihat dari gambar dibawah ini, bagian merah adalah yang paling kuat, biru adalah yang cukup kuat dan hijau adalah yang paling lemah di bodi mobil ini.

RISE mitsubishi xpander

3. Dual Airbag

Mitsubishi Xpander juga dilengkapi Dual airbag. Untuk perlindungan sopir dan penumpang sebelah kiri dari benturan ketika terjadi kecelakaan dari depan.

Tahukan fungsi airbag?

Airbag ini akan mengembang ketika terjadi kecelakaan untuk melindungi sopir dan penumpang sebelah kiri.

4. ESS (Emergency Stop Signal)

Saat menginjak rem di situasi darurat, lampu hazard akan menyala secara otomatis. ESS ini bekerja untuk memperingatkan kendaraan di belakang agar tidak terjadi benturan.

5. ABS (Anti-lock Braking System)

Pada sistem rem, sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) yang merupakan sistem keselamatan yang aktif mencegah terjadinya kecelakaan.

Boleh dibilang Mitsubishi Xpander anti ngesotttt jika ngerem mendadak.

Bahkan untuk versi Ultimate dan Sport dibekali fitur ASC (Active Stability Control) yang secara otomatis bekerja mengontrol laju saat mobil bermanuver di jalan licin sehingga tidak mudah tergelincir.

Fitur ini kalau tidak salah sama dengan VSA pada Toyota Alphard, ESP pada mobil Mercedes dan DSC pada mobil BMW.

6. HSA (Hill Start Assist)

Fitur selanjutnya adalah HSA (Hill Start Assist) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik ketika akan melaju di jalan menanjak. Jadi kita tidak perlu kuatir mobil akan mundur ketika ditanjakan.

Sistem HSA ini terjadi berkat kerja sama yang baik antara ECI dan ASC. Jadi ketika mobil di deteksi miring dan gas dilepas, maka rem akan diaktifkan oleh ASC. Jika ingin lebih jelas tentang fitur HSA anda bisa baca disini

7. Teknologi lain Yang terpasang pada Xpander

Jika saya perhatikan, Mitsubishi Xpander menggunakan power steering tipe electric atau EPS (Electronic Power Steering).

Pada sisi sistem suspensi depan menggunakan tipe mcperson strut dan belakang trailing arm, karena Xpander penggerak roda depan.

Untuk tambahan lainya, tunggu updatenya ya lurr..



Salam kunci

Posting Komentar untuk "Fitur dan Teknologi Pada Mobil Mitsubishi Xpander"

Berlangganan via Email