8 Penyebab Mesin Mobil Pincang Yang Harus Kita Cek Satu-Persatu


Jika mesin mobil pincang, rasanya pasti tidak enak untuk di kendarai. Selain itu juga tenaga mesin juga jadi berkurang. Lantas apa penyebab mesin mobil pincang?

Untuk mencari penyebab mesin mobil pincang, kita harus kembali ke basic. Maksudnya inget-inget lagi tentang dasar teori mobil dan ada baiknya kita scan dulu dengan scanner mobil

Mesin bisa hidup dengan baik perlu tiga hal. Yaitu
  • Pengapian yang baik
  • Sistem campuran udara dan bahan bakar
  • Dan juga kompresi.

Tetapi ingat ya untuk mesin diesel tentu saja hanya perlu dua hal. Karena mesin diesel tidak menggunakan sistem pengapian.

Kembali ke kasus mesin mobil pincang dan dasar mesin. Jika salah satu silinder mengalami gangguan pada tiga hal diatas, maka akan menyebabkan pincang. Mari kita bahas satu persatu.

Busi mati juga bisa menyebabkan mesin pincang


Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api pada saat pembakaran. Dan merupakan komponen paling ujung dari sistem pengapian

Busi yang perfomanya mulai berkurang atau bahkan mati, bisa menjadi penyebab mesin pincang. Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir ganti busi?

Terkadang juga busi yang kotor karena kerak yang menumpuk bisa menyebabkan pincang. Inget ya listrik itu males lompat kalau hambatannya besar.

Yang sering kami jumpai juga, banyak orang berprinsip busi itu yang penting dratnya sama. Sehingga asal ganti dengan bermacam-macam tipe. Padahal itu prinsip yang salah. Setiap busi memiliki kode unik. Kita harus pahami itu, sehingga ga asal pasang busi.

Bahkan beberapa waktu lalu, saya jumpai salah satu mobil yang saya kerjakan, businya gado-gado (beberapa macam merk). Efeknya terdeteksi pincang pada mesin


Koil rusak juga bisa menjadi penyebab mesin pincang


Koil atau ignition coil merupakan komponen yang berfungsi menaikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi. Yang nantinya dipercikkan oleh busi.

Sampai berapa naiknya?

Kalau jaman STM dulu diajarinya 5KV-20KV. Tetapi sekarang sering ketemu tegangan coil yang 1.5 KV-10KV.

Kita ga bicara koil untuk pengapian konvensional ya. Yang masih satu coil melayani 4 busi. Karena pada mobil sekarang, setiap silinder memiliki masing-masing koil. Jika salah satunya rusak maka mesin akan menjadi pincang.

Injektor bisa menjadi penyebab mesin mobil pincang

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam saluran bahan bakar. Dan setiap silinder memiliki satu injektor.

Jika salah satu injektor mati ataupun kotor, bisa menyebabkan mesin pincang.

Terus harus diapakan?

Periksa apakah injektornya masih bekerja. Untuk cara simple dan koboy bisa didengarkan bunyi cetik-cetik atau tidak pada injektor. Akan lebih akurat jika menggunakan stetoskop.

Itupun dengan catatan injektornya pada posisi yang mudah dijangkau

Selanjutnya jika injektor berfungsi, coba bersihkan injektor terlebih dahulu. Memang musti melepas dan kemudian lakukan proses cuci injektor.

Yang paling repot adalah kalau pengendali injektornya yang rusak. Itu bisa jadi kabel le injektor putus bahkan bisa jadi ECM-nya yang rusak.


Kompresi


Jika salah satu silinder mengalami masalah kompresi, pastinya bisa menyebabkan mesin pincang. Contohnya jika data tekanan kompresi sebagai berikut.
  • Silinder 1 ---- 10 bar
  • Silinder 2 ---- 10 bar
  • Silinder 3 ---- 10 bar
  • Silinder 4 ---- 8 bar

Contoh diatas, silinder 4 mengalami penurunan kompresi. Dan penyebabnya bisa bermacam-macam

Contohnya ;
  • Ring piston aus, patah, menguncup dan macet
  • Piston baret
  • Dinding silinder baret
  • Katup bocor tipis
  • Dll


Kebocoran udara pada intake manifold


Loh bocor udara bukannya bikin rpm naik ya?

Iya benar, hanya saja bocornya di sebelah mana? Jika bocor udara terjadi di salah satu manifold (bisa dari paking, bisa karena selang vakum lepas) maka bisa menyebabkan pincang.

Wiring Putus

Beberapa kali juga kami jumpai, wiring putus entah karena tikus atau juga karena hal lain. Yang repot adalah jika putus di dalam dengan kondisi kabel masih kelihatan utuh. Untuk memastikanya perlu pemikiran yang lebih dan kopi yang lebih banyak


Salah satu penyebab mesin mobil pincang adalah ECU

ECU atau engine control unit ini adalah yang terakhir kita curigai. Karena sebelum kesini, sebaiknya kita melakukan pemeriksaan diatas.

Terkadang, salah satu chanel dari komponen ECU bermasalah. Tetapi tidak sering sih. Saya pribadi baru beberapa kali jumpai sampai ECU nya.


Mesin mobil pincang ketika di rem


Kalau ini ceritaan almarhum dosen saya waktu saya masih makan bangku sekolah. Kira-kira tahun 2002 beliau mengalami salah satu mobil yang beliau kerjakan pincang ketika direm

Wah apa hubungannya ya?

Ternyata ada.

Penyebabnya adalah dari booster. Karena perlu kita tahu bahwa booster mobil memanfaatkan vakum dari mesin. Dan di beberapa mobil selang vakumnya terhubung dengan manifold silinder 4.

Jika booster bocor, udara dari booster rem akan masuk ke dalam intake manifold. Intake manifold yang keempat akan kebanyakan udara.

Itu yang menyebabkan mesin mobil pincang

Sementara yang ada dipikiran saya tentang penyebab mesin pincang baru ada 8. Jika sobat monta ada tambahan, silahkan tinggalkan komentar.


Terima kasih


Salam kunci

8 komentar untuk "8 Penyebab Mesin Mobil Pincang Yang Harus Kita Cek Satu-Persatu"

Comment Author Avatar
Kalau top mesin loncat ada gak hubungannya juga mesin pincang
Comment Author Avatar
Kalau untuk top lompat lebih ke goyang pak bukan pincang
Comment Author Avatar
Sy punya mobil Mitsubishi kuda grendiya kalau pagi dia bunyi tetapi bunyi pincang sy sdh periksa
Kelistrikan nya ternyata TDK ada pengapian di busi 4sy sdh periksa soket enjin nya normal ca knp tidak bisa ada pengapian di busi 4 apakah ada pengaruh pada klepnya yg nomor sementara mobil sy tidak ber asap cuma lampu enjin nya juga menyalah.
Comment Author Avatar
Apakah kabel businya masih bagus? Businya sudah sempat dipindah dari 4 ke 3?
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Makasih pak infonya
Saya sudah tahu apa saja yang menyebabkan mesin mobil pincang yaitu busi yang performanya sudah berkurang atau bahkan mati,koilnya rusak,injektor kotor atau mati,jika salah satu silinder mengalami masalah kompresi,kebocoran udara pada intake manifold,dan lain lain
Comment Author Avatar
Makasih pak informasinya

Saya jadi mengetahui apa saja yang menyebabkan mesin pincang dan cara memperbaikinya
Comment Author Avatar
Saya punya mobil Innova bensin 2014 pincang kalau langsam,tp bagus ji kalau di gas