Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Baterai pada Mobil (Kendaraan) dan 7 Hal lain yang Harus Anda Ketahui sebagai Mekanik

baterai mobil


Baterai adalah elektro kimia yang dibuat untuk menyuplai listrik pada mobil. Baterai mobil ini menyuplainya ke sistem starter mesin, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen kelistrikan lainnya.

Sebetulnya baterai menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia yang dikeluarkan bila diperlukan. Dan dilapangan sering disebut dengan istilah aki (accu). Accu sendiri sebenarnya singkatan dari accumulator atau penyimpan.

Fungsi baterai pada mobil

Paling tidak terdapat tiga fungsi baterai pada kendaraan. Baik pada sepeda motor, mobil, dll.
  • Ketika kunci kontak off ; baterai digunakan untuk mengoperasikan lampu, asesoris dan sistem kelistrikan mobil ketika mesin tidak hidup
  • Ketika starter mobil ; baterai digunakan untuk mengoperasikan motor starter dan pada mesin bensin untuk mensuplai sistem pengapian
  • Ketika mesin hidup ; selama mesin hidup, alternator akan menyuplai kembali energi listrik kedalam baterai
Untuk itu jika baterai mobil tidak berfungsi (aki soak) maka akan sangat merepotkan

Yang jelas mobil tidak bisa dihidupkan. Pelanggan harus mencari orang yang bisa membantu jumper aki mobilnya. Atau terkadang harus menggantinya terlebih dahulu.

Konstruksi baterai

Baterai mobil umumnya terdiri dari 6 sel. Dan masing-masing sel memiliki tegangan sekitar 2.1-2,2 volt. Jadi kalau ditotal tegangan yang terukur adalah 12,6-13,2 volt.

Berikut ini adalah gambar konstruksi baterai. Kita akan melihat komponen apa saja yang ada didalam baterai.


Jika dilihat diatas paling tidak terdapat 10 komponen baterai. Mulai dari container, sparator, cover, plate (elemen), dll.

Dan kalau dilihat diatas, setiap sel dipisahkan oleh cell partition. Dan juga setiap sel dihubungkan secara seri 

Pada setiap sel juga memiliki ventilasi (vent plug) yang berfungsi untuk mengeluarkan uap yang dihasilkan ketika baterai bekerja atau diisi. Letak ventilasi ada pada tutup pengisian elektektrolit. Tetapi pada baterai jenis MF dan yang lainnya tidak terlihat. Terkadang hanya disediakan selang pembuangan saja.

Elektrolit baterai atau air aki


Elektrolit batterai adalah asam sulfat (H2SO4). Dilapangan sering disebut dengan Accu Zur (aki sir) dengan tutup berwarna merah.

Ketika kita menuangkan elektrolit baterai sebaiknya berhati-hati. Karena jika kena kulit bisa terasa gatal-gatal, jika terkena celana bisa terbakar dan jika terkena cat mobil atau plat bisa berkarat dan merusak cat.

Kesalahan pemula yang terlalu rajin ...

terkadang mengelap baterai dengan kain lap dan kemudian kain tersebut digunakan untuk mengelap cat mobil.

Semoga tidak terjadi dengan Anda.

Cairan yang kedua adalah berupa air suling (H2O). Tutup botolnya berwarna biru. Dan digunakan untuk menambah cairan baterai jika isinya berkurang.

Jadi untuk mengisi aki baru menggunakan H2SO4 (accu zur) dan untuk menambah harus menggunakan H2O (air aki). 

Kapasitas baterai

Ketika kita mengganti baterai, kita harus tahu kapasitas baterai yang di perlukan. Apakah 50 Ah atau lebih besar.

Terkadang tulisan kapasitas ini tercantum jelas pada baterai, tetapi terkadang kita juga harus memahaminya dari kode baterai.

Apa itu kapasitas baterai?

Kapasitas baterai menunjukkan jumlah listrik yang disimpan baterai dan yang dapat dilepaskan sebagai sumber listrik. Dan kapasitas baterai dinyatakan dalam satuan amper jam (Ah).

Misalnya Anda mempunyai baterai 12 volt 80Ah artinya adalah kapasitas batere 80 ampere hour. 

Apa artinya?

Contoh kita menyalakan radio, radio itu misalnya menggunakan arus sekitar 2 A. Jadi jika radio dinyalakan terus-menerus, baterai tersebut akan habis sekitar 40 jam. 

Silahkan dihitung : 2 A x 40 jam = 80Ah

Itupun dengan catatan baterai dalam kondisi penuh tersisi. Untuk melihat status kapasitas baterai ini harus menggunakan battery tester yang bisa menampilkan SOC (State Of Charge). Seperti layaknya smartphone kita misalnya menunjukkan baterai 50%. 

Kemampuan baterai ketika start dingin

Pada baterai mobil, terkadang juga mencantumkan baterai CCA. CCA singkatan dari Cold Crank Ampere.

Jadi pengertiaan CCA adalah kemampuan baterai mengeluarkan arus pada saat start dingin. Temperatur pengujian biasanya pada temperatur minus derajat.

Arti kode pada baterai

Sejauh ini kode baterai yang paling sering dijumpai adalah JIS dan DIN. JIS merupakan standar Jepang dan DIN merupakan standar Jerman.

Dan karakter kodenya juga berbeda-beda.

Arti kode angka pada baterai DIN

Contoh : 555-59 

Artinya adalah baterai 12V 55 Ah

Dan untuk cara membaca kode baterai, Anda bisa perlajari disini

Arti kode angka pada baterai JIS

Contoh 65 D 26 R artinya baterai dengan kapsitas 65 Ah dengan kode D (Lebar 204 mm dan tinggi 173 mm). Sedangkan untuk 26 adalah panjang baterai dan R adalah posisi terminal positifnya ada di sebelah kanan.

Jika kita mengganti dengan ukuran yang berbeda, terkadang kita harus merelakan beberapa perubahan seperti cover aki, dll.

Jenis baterai yang umum digunakan pada mobil

Terdapat beberapa jenis baterai. 

  • Basah atau wet baterai, 
  • MF (maintenance free), 
  • VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan 
  • AGM (Absorbent Glass Mat)

Empat tipe diatas yang umumnya kami jumpai di bengkel. Walaupun kebanyakan dari kita hanya tahu baterai basah dan baterai kering.

Mari mengenal magic eye


Pada beberapa baterai, menyediakan magic eye. Sebernarnya magic eye ini merupakan hidrometer. Hanya saja yang ditampilkan dalam kategori warna bukan dengan angka.

Arti warnanya sendiri tergantung dari masing-masing merk baterai. Kita bisa mengetahui artinya dari stiker yang disediakan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Baterai pada Mobil (Kendaraan) dan 7 Hal lain yang Harus Anda Ketahui sebagai Mekanik"

Berlangganan via Email