Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Saringan Udara pada Mobil dan 4 Jenisnya

Fungsi saringan udara pada mobil adalah untuk membersihkan udara yang dihisap kedalam silinder mesin. Karena biasanya udara luar mengandung debu. 

Dan ..

bila debu masuk kedalam silinder bersama dengan dengan udara yang dihisap mesin, maka akan mengotori oli pelumas. 

Efeknya,

Pelumas cepat kotor dan umur mesin menjadi lebih pendek karena gesekan dan keausan yang berlebihan. Memang tidak langsung kelihatan, tetapi lambat laun akan terjadi tanpa kita sadari.

Tetapi memang, dengan dipasangnya filter udara akan sedikit menghambat aliran udara yang masuk. 

Hanya saja itu lebih baik dibandingkan dengan resiko mesin kemasukan benda asing. Selain itu, suara hisapan mesin biasanya lebih berisik jika filter udara tidak dipasang. 

Iya kan!


Jenis saringan udara

Sebetulnya ada beberapa tipe atau filter udara yang digunakan pada kendaraan. Yaitu tipe kertas, tipe elemen, tipe siklon dll. Hanya saja yang paling banyak digunakan adalah tipe elemen kertas.

Untuk tipe siklon lebih cocok pada daerah berdebu dan berpasir.

1. Saringan udara tipe kertas

fungsi saringan udara


Saringan udara ini terdiri dari elemen yang dibuat dari kertas atau kain. Pada jaman dahulu ada beberapa tipe kertas ini dapat dicuci. Untuk masa sekarang ini sepertinya pabrikan sudah menggunakan tipe kertas yang harus rutin diganti.

Belakangan ini saringan udara menggunakan elemen tipe axial flow seperti pada gambar. Karena saringan udara tipe ini dapat dibuat lebih ringan dan kompak.


2. Pre-air cleaner.

pre-air filter


Pre-air cleaner adalah jenis saringan udara dengan pusaran. Jadi didepan filter udara ditambahkan komponen ini untuk membentuk pusaran. 

Karena memiliki sirip khusus, maka debu akan terpisah dari udara dengan adanya gaya sentrifugal. Debu tadi ditampun dalam penampung khusus (dust trap).

Dengan begini, filter udara utama akan lebih bersih dan jarang ganti.


3. Saringan udara tipe oli bath

saringan udara tipe oil bath


Saringan udara tipe ini berisikan oli dibagian bawah rumah filter udara. Seperti pada gambar. Elemen dibuat dari baja wol. 

Partikel- partikel debu yang besar, kotoran-kotoran, pasir dan sebagainya jatuh ke dalam genangan (oli).

Udara yang dihisap melalui elemen saringan telah dibersihakn oleh elemen yang terbuat dari baja wol tadi sebelum mencapai mesin.

4. Saringan udara tipe siklon.



Saringan udara tipe siklon ini adalah salah satu saringan udara tipe kertas yang menggunakan kertas sebagai elemen. 

Elemen ini berbentuk sirip-sirip untuk menghasilkan pusaran udara. Sebagian besar partikel-partikel kotoran, pasir dan lainnya ditampung dalam kotak saringan oleh gaya sentrifugal dari pusaran udara. 

Partikel-partikel yang kecil akan diserap oleh elemen kertas. Tujuan dibuat saringan udara tipe ini adalah untuk mengurangi tersubatnnya elemen saringan dan juga mengurangi perawatan.


Posting Komentar untuk "Fungsi Saringan Udara pada Mobil dan 4 Jenisnya"

Berlangganan via Email