Fungsi Sekring (Fuse) dan Fusible Link Pada Mobil

fungsi sekring (fuse) dan fusible link

Fungsi sekring (fuse) dan fusible link pada mobil adalah untuk pengaman rangkaian kelistikan.

Jadi misalnya ada arus yang berlebihan melalui rangkaian kelistrikan, sekring akan berasap atau terbakar. Elemen didalam sekring akan meleleh sehingga sistem tidak bekerja.

Kami akan share pengetahuan tentang sekring dan fusible link dan beberapa pengalaman di bengkel yang pernah kami temui. Dan juga perbedaan antara fuse dan fusible link.

Tipe sekring

Kita akan temui tipe sekring blade dan tipe sekring cartridge. Dan sekring cartridge sepertinya mulai jarang digunakan pada mobil baru.

1. Tipe sekring blade

Tipe ini yang paling banyak digunakan. Kalau kita lihat sekring ini berwarna-warni. Dulu saya pikir tidak ada artinya karena sudah ada tulisan yang tercantum pada sekring. 

Tetapi ketika mendapat soal uji kompetensi tentang warna sekring baru saya sadar jika warna sekring juga menunjukkan besaran kapasitas.

Berikut ini adalah identifikasi sekring.

warna-warna sekring


Dan perlu kita ketahui bahwa sekring blade memiliki beberapa ukuran. Sampai saat ini, tercatat ada 6 ukuran sekring tipe blade. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

2. Tipe sekring cartridge (tabung)

Bentuknya silinder, dan kita bisa melihat sekring dari tabung kacanya. Untuk saat ini sudah agak jarang kami temui penggunaanya dibengkel. Karena kebanyakan digunakan pada mobil-mobil lama.

Kecuali juga, karena kita melakukan modifikasi kelistrikan.

Sekring tipe tabung ini juga menyediakan beberapa ukuran dan beberapa pilihan kapasitas.


Fusible link

Fungsinya dan konstruksi sama dengan sekring. Perbedaan utamanya adalah fusible link digunakan untuk arus yang lebih besar dan ukurannya juga lebih besar dan tebal.

Untuk tipenya yang paling banyak kami temui adalah tipe cartidge. Sedangkan untuk tipe link sepertinya kami jarang temui. 



Kita akan bahas untuk tipe cartridge

Fusible link tipe cartridge ini dilengkapi dengan terminal dan bagian sekring dalam satu unit. Rumahnya juga diberi kode masing-masing


Kapasitas 
Fusible Link
(A)
Persamaan Luas
Penampang pada
Fusible Link
Identifikasi
Warna

30
40
50
60
60
100
0,3
0,5
0,85
1,0
1,25
2,0
Merah muda
Hijau
Merah
Kuning
Hitam
Biru

Permasalahan yang disebabkan karena sekring

Beberapa permasalah yang bisa saja Anda temui dibengkel karena sekring mungkin cukup banyak. Walaupun terlihat sederhana, tetapi terkadang kita bisa dibuat kebingungkan karena masalah sekring ini

Apa saja kemungkinan masalahnya?
  • Sekring putus sehingga sistem tidak bekerja
  • Sekring terlihat tidak putus, tetapi sudah meleleh dan memiliki hambatan
  • Sekring yang putus terus dan diganti yang lebih besar atau diganti kawat malah terjadi kebakaran

1 komentar untuk "Fungsi Sekring (Fuse) dan Fusible Link Pada Mobil"

Comment Author Avatar
Fungsi utama sekring adalah sebagai alat pengaman rangkaian kelistrikan pada mobil dari kemungkinan adanya hubungan arus pendek sehingga terhindar dari resiko korsleting listrik atau arus listrik yang terputus.