Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Sistem Starter Mobil

Cara kerja sistem starter mobil


Jika sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang komponen starter dan fungsinya, pada topik ini kami akan menjelaskan tentang cara kerja sistem starter mobil.

Sebenarnya agar lebih mudah memahami, sebaiknya anda paham dulu tentang elektro magnet. Karena memang motor starter menggunakan elektro magnet untuk menghasilkan magnetnya. 

Itu lho, kalau misalnya waktu SD kita diminta melilit kawat berlapis email ke sebuah paku, sehingga menjadi elektro magnet.

Dan juga anda harus ingat

Jika ada dua magnet didekatkan maka ada dua kemungkinan yaitu saling tarik menarik atau tolak menolak. 

Pada magnet yang memiliki kutup yang sama, misalnya utara dan utara maka akan saling tolak menolak. Dan jika magnet memiliki kutup yang berbeda maka magnet akan tarik menarik.

Sudah ingat ?

Jika sudah, mari langsung ke cara kerjanya

Cara kerja motor starter mobil ketika kita starter mobil.

cara kerja sistem starter mobil 2


Apabila starter switch diputar, maka arus dari baterai akan mengalir dari baterai, kunci kontak, terminal ST dan selanjutnya ke pull in coil, kemudian ke field coil dan kemassa. Sehingga terjadi kemagnetan pada pull in coil. 

Dan disaat yang sama akan mengalir ke hold in coil dan ke massa, sehingga juga terjadi kemagnetan

Effeknya apa ?

Apakah motor starter akan berputar ?

Belum, karena pada saat field coil menjadi magnet, belum cukup kuat untuk memutarkan armature. Hal ini disebabkan arus yang melewati terminal 50 masih sangat kecil.

Fokusnya adalah untuk mengaktifkan switch ;

Magnetic switch akan tertarik dan menghubungkan terminal 30 dan C sekaligus menarik pinion agar terhubung dengan flywheel.

Pada saat pinion berkaitan penuh

cara kerja sistem starter mobil 3


Seperti yang kami sebutkan diatas, ketika pinion terhubung dengan flywheel maka switch juga terhubung. 

Maka arus dari baterai akan mengalir ke terminal 30, terminal C >> field coil >>armature dan kemasa sehingga armature akan berputar dan sanggup memutarkan flywheel.

Bila mesin sudah hidup, putaran mesin akan lebih cepat sehingga flywheel bisa memutar pinion. Jadi dari yang awalnya diputar akan menjadi memutar starter.

Untuk menghindarinya, maka dipasang lah kopling starter. Sehingga starter tidak diputar oleh mesin. Ini seperti mekanisme pada roda sepeda (one way clutch atau free wheel)

Pada saat switch starter dilepas

Sesudah switch starter dilepas, apa yang akan terjadi pada motor starter ?

Slow motion ya...

1. Karena switch st dilepas, maka pull in dan hold in coil tidak mendapat arus dari terminal 50 tetapi malah kebalikannya yaitu mendapat arus dari terminal C.

Sehingga aliran arusnya :

Beterai >> Terminal 30 >> main switch >> terminal C >> pull in coil >> hold in coil >> massa.

Pada saat ini gaya magnetnya berlawanan sehingga saling menghapuskan. 

2. Pada saat ini pegas akan mengembalikan plat kontak ke posisi semula. Dengan demikian drive lever menari starter clutch dan pinion terlepas dari perkaitan




Posting Komentar untuk "Cara Kerja Sistem Starter Mobil"