Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas

Terkadang, di bengkel kami mengerjakan mobil dengan keluhan suara mesin mobil kasar dan saat di gas suaranya makin keras.

Dan tentu saja penyebabnya cukup beragam.

Suara tidak normal yang ditimbulkan dari bagian mesin, karena adanya part-part dari mesin yang sudah aus atau celah yang melebihi spesifikasi.

Kira-kira apa saja ya yang bisa menyebabkan suara mesin mobil kasar ?

1. Pulley-pulley

suara mesin mobil kasar saat digas


Mesin memiliki pulley yang cukup banyak. Contohnya adalah pulley tensioner, pulley poros engkol, pulley alternator, dll. 

Jika mengalami keausan, pulley ini akan menimbulkan suara kasar.

2. Water pump

salah satu penyebab suara mesin mobil kasar saat di gas


Apabila bearing water pump aus akan menyebabkan kelonggaran yang melebihi ukuran spesifikasinya, seperti yang sudah di singgung diatas.

Bunyi ini akan lebih nyata jika kita melepas tali kipas, kemudian putarlah water pump dengan tangan. Maka suara bisa kita dengar dan rasakan pada tangan kita.

Bisa tidak jika tanpa membuka tali kipas ?

Mungkin masih bisa asalkan dengan bantuan stetoscope otomotif.

Yang cukup susah adalah mobil yang mengunakan water pump yang diputar oleh timing belt. Seperti pada VW New Beetle tahun 2000an. Tentu saja lebih susah karena posisinya tertutup oleh cover timing.

3. Timing Chain

Kemungkinan yang sering terjadi adalah karena penegang rantai lemah, atau damper sudah aus. Kerusakan ini terjadi umumnya pada kendaraan dengan jarak tempuh yang sudah cukup besar.

Pada beberapa kasus, bisa juga disebabkan karena rantai yang sudah aus atau lebih tepatnya memanjang. 

4. Alternator



Alternator adalah komponen pengisian yang juga diputarkan oleh mesin melalui v-belt. Didalam alternator terdapat bearing. 

Dan apabila bearing aus maka alternator akan berbunyi. Di bengkel, kami biasanya mendeteksi dengan stetoscope sebelum dibongkar. Untuk meminimalisir kesalahan diagnosa.

5. Kompressor AC

Kompressor AC juga merupakan komponen yang diputarkan oleh V-belt. Ketika AC dinyalakan, kompressor baru akan dihubungkan oleh putaran mesin. 

Sehingga untuk mendeteksi bunyi kompressor, bisa dengan menyalakan dan mematikan AC. 

6. Pompa power steering

Pompa power steering hidrolik diputarkan oleh mesin. Walaupun pada tipe electro hidrolik power steering pompa akan diputarkan oleh motor. Tetapi tipe ini tidak banyak. 

Untuk keausan pompa power steering cukup jarang kami jumpai walaupun sesekali ada juga yang mengalami kerusakan.

7. Bearing kompressor atau supercharger

Mobil yang menggunakan supercharger memang tidak banyak, tetapi cukup sering kami jumpai seperti pada Audi, Mercedes dan VW. 

Supercharger umumnya diputarkan oleh v-belt. Jika mengalami kerusakan, bisa menghasilkan bunyi kasar dan semakin kasar ketika di gas

Posting Komentar untuk "Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas"