Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Thermostat dan Cara Kerjanya pada Sistem Pendingin Mesin

fungsi thermostat dan cara kerjanya

Thermostat adalah salah satu komponen penting dari sistem pendinginan mesin. Untuk itu kami akan membahas tentang fungsi thermostat dan cara kerjanya pada sistem pendingin mesin.

Selain itu kami juga akan membahas komponen-komponen apa yang terdapat didalam thermostat. Dan bagaimana cara mengecek kinerjannya.

Jika perlu, anda juga harus tahu kemungkinan apa yang terjadi jika thermostat rusak dan juga efek ketika thermostat sengaja tidak dipasang.

Dan semoga, kami bisa menyediakan beberapa gambar thermostat mobil yang mungkin akan anda temui

Fungsi thermostat pada sistem pendingin mesin

Themostat adalah katup yang akan membuka dan menutup saluran sistem pendingin dari water jacket (didalam blok silinder) ke saluran radiator berdasarkan panas dari air pendingin. Tujuannya agar tercipta efiseinsi mesin yang baik.

Berikut ini adalah fungsi thermostat

  • Jika temperatur mesin belum tercapai, maka thermostat akan tetap tertutup dan air pendingin akan tetap bersirkulasi didalam mesin.

  • Jika temperatur mesin sudah tercapai, maka thermostat akan terbuka dan air pendingin dari mesin yang panas akan disalurkan ke radiator untuk didinginkan.

  • Pada sebagian thermotat, ketika thermostat membuka maka sekaligus akan menutup saluran bypass. Sehingga aliran air tidak ada yang kembali langsung ke pompa air tetapi semuanya menuju ke radiator untuk didinginkan.

  • Pada sebagian thermostat, komponen ini juga berfungsi untuk membuang udara pada sistem yang terjebak didalam mesin. Umumnya adalah thermostat dengan jiggle valve. Pada tipe ini sebaiknya perhatikan arah pemasangannya

Itu tadi pembahasan singkat tentang fungsi thermostat. Selanjutnya kita akan membahas beberapa fakta lain dari thermostat. Perlu diketahui juga fungsi thermostat motor sama dengan thermostat mobil

Komponen thermostat

Dalam thermostat ada beberapa komponen antara lain :

  • Wax yang memiliki sifat seperti lilin. Ketika panas akan mencair dan memuai sehingga bisa mendorong katup pada thermostat

  • Pegas thermostat, fungsinya untuk mengembalikan posisi katup kembali tertutup

  • Thermostat valve yang merupakan plat yang membuka dan menutup saluran.

  • Control hole atau jiggle valve. Ada beberapa thermostat yang di lengkapi jiggle valve ada juga yang hanya di lengkapi control hole. Fungsinya agar blok silinder tidak kekurangan air yang disebabkan karena udara yang terjebak

Letak thermostat

Jaman dulu ketika disekolah, kita banyak diajarkan tentang thermostat yang dipasang pada upper hose (selang radiator atas). Maklum saja, media belajarnya kebanyakan adalah mesin 3k atau 4k. 

Ketika mengerjakan mobil, Anda akan menemukan juga thermostat yang ada pada lower hose (selang radiator bawah).

Pada beberapa model, kita akan menjumpai mesin mobil dengan dua thermostat. Satu untuk blok mesin dan satu lagi untuk kepala silinder.

Dan jika diamati dengan seksama, temperatur membukanya thermostat berbeda. Boleh dibilang thermostat blok mesin akan terlebih dulu membuka dibandingkan dengan themostat kepala silinder.

Cara kerja thermostat mobil

cara kerja thermostat


Pada saat mesin hidup maka temperatur air masih dingin. Sehingga pegas masih menekan valve/katup pada thermostat.

Pada saat ini terjadi sirkulasi tertutup didalam mesin. Air yang dipompa oleh pompa air hanya akan bersirkulasi pada saluran bypass. 

Lama kelamaan air akan menjadi panas karena menyerap panas dari mesin secara merata.

Ketika temperatur mendekati temperatur kerja yang sudah ditentukan (umumnya tertulis pada thermostat) maka perlahan-lahan wax akan memuai dan mendorong katup thermostat untuk membuka

Sehingga pada kondisi ini, air pendingin akan mengalir dari mesin ke radiator untuk didinginkan. Dan selanjutnya akan masuk kembali ke dalam mesin.

Yang perlu anda perhatikan

Terkadang themostat memiliki bentuk yang sama, tetapi temperatur kerjanya akan berbeda-beda. Contohnya thermostat pada VW new Beetle ada yang memiliki bentuk sama dengan salah satu tipe Toyota. 

Hanya saja temperatur kerjanya berbeda.

Gejala kerusakan thermostat

Thermostat bisa saja rusak karena usia ataupun karena perawatan mesin yang kurang teratur sehingga berkarat lebih cepat.

Ada dua kemungkinan kerusakan pada thermostat yaitu membuka terlalu awal dan yang terakhir telat membuka.

Apa gejala yang akan kita rasakan?

Jika thermostat membuka terlalu awal, efeknya mesin akan susah mencapai suhu kerjanya. Istilahnya adalah overcooling. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan tenaga mesin ini kurang optimal



Demikian tadi pembahasan tentang thermostat, semoga dengan membaca artikel ini anda sudah memahami apa itu thermostat, fungsi dan cara kerjanya.



Posting Komentar untuk "Fungsi Thermostat dan Cara Kerjanya pada Sistem Pendingin Mesin"