Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kunci Pas Yang Benar Tanpa Bikin Slek Baut

cara menggunakan kunci pas

Pada saat melakukan pekerjaan dibengkel, kita perlu menggunakan beberapa peralatan tangan. Salah satunya adalah kunci pas.

Meskipun kurang dianjurkan untuk membuka dan mengencangkan baut yang perlu momen besar, tetapi kunci pas tetap dibutuhkan dibengkel

Untuk itu kami akan membagikan cara menggunakan kunci pas yang benar.

Walaupun terlihat sepele, tetapi banyak pemula yang salah menggunakannya sehingga untuk membuka jadi lebih sulit karena mur atau baut terlanjur rusak

Fungsi kunci pas

Kunci pas berfungsi untuk membuka dan memasang baut atau mur. Tetapi kurang dianjurkan untuk baut dan mur yang memerlukan momen yang besar. 

Karena kunci pas tidak bisa mencekam mur dan baut pada keenam sisinya. Dia hanya mencekam pada 3 sisi saja. Hanya saja pada sela-sela yang sempit, kunci ini sangat diperlukan.

Selain itu juga kunci pas bisa digunakan untuk pengganti kunci nipple jika tidak tersedia. 

Ukuran kunci pas

Cara menggunakan kunci pas

Ukuran kunci pas yang disediakan umumnya 8-9, 10-11, 12-13, dst. Walaupun ada juga yang menyediakan varian genap saja. Tetapi agak jarang

Pada umumnya yang di gunakan di negara kita adalah kunci dengan satuan mm bukan inchi. 

Cara menggunakan kunci pas

1. Pilih ukuran yang tepat dengan mur dan baut lalu masukkan dalam-dalam tidak hanya dipinggir ataupun miring. Tujuannya agar tidak meleset

2. Pada saat mengendorkan baut besar sebaiknya menggunakan kunci lain seperti kunci ring atau kunci shocket terlebih dahulu apabila memungkinkan.

3. Agar tidak terjatuh saat mengencangkan atau mengendorkan, sebaiknya gunakan kunci pas pada posisi menarik.

Apabila didorong, sebaiknya gunakan telapak tangan agar tangan tidak terluka.

4. Jangan menyambung kunci pas dengan pipa ataupun kunci yang lain atau memukulnya

5. Jika memerlukan momen yang lebih besar gunakan kunci ring atau kunci shocket.

Catatan Tambahan

Terkadang sangat sulit mencari kunci pas kecil yang terjatuh di sela-sela mesin ataupun pada dek mesin. Ini bisa terjadi pada mobil-mobil eropa berkapasitas besar, dan juga pada mobil-mobil yang dilengkapi dek mesin.

Untuk mencarinya terkadang harus membuka dek mesin terlebih dahulu. Jika tidak ada lift, maka prosesnya akan lebih lama.

Selain itu, kejadian kunci meleset dan membuat baut dan mur menjadi bulat bisa saja terjadi, tetapi bisa kita minimalkan jika menggunakan kunci yang tepat dan cara yang tepat.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Kunci Pas Yang Benar Tanpa Bikin Slek Baut"