Cara Menggunakan Kunci Ring dengan Benar Agar Baut Tidak Slek

penggunaan kunci ring dengan benar

Setelah sebelumnya kita memperkenalkan macam-macam peralatan bengkel, maka pada topik kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang cara menggunakan kunci ring dengan benar. 

Tentunya agar kita bisa menggunakan kunci ring ini dengan benar, kita harus tahu tentang fungsinya. Dan tentu saja harus tahu ukuran-ukuran dari kunci ring yang tersedia

Dilapangan, kunci ring ini memiliki banyak sebutan.

Tetapi memang yang paling dikenal adalah kunci ring. Kalau untuk di katalog kunci, jarang disebut seperti itu. Mungkin nanti akan ketemu istilah box wrench, offset ring spanner dan mungkin offset wrench.

Kunci ring adalah kunci yang kedua ujungnya memiliki bentuk bulat seperti cincin (ring). Yang paling banyak dijumpai pada bagian dalam ring berbentuk segi duabelas walaupun ada yang segi enam.

Fungsi kunci ring

Fungsi kunci ring adalah untuk membuka dan mengencangkan baut atau mur. Biasanya digunakan untuk yang membutuhkan pengencangan yang cukup besar. 

Berbeda dengan kunci pas, kunci ring mencekam mur dan baut pada keenam sisinya tanpa slip pada waktu melakukan pengencangan atau membuka dengan kuat

Yang perlu kita tahu juga, kunci ring memiliki tiga (tiga) model sudut. Mulai dari sudut 15 derajat, sudut 30 derajat dan sudut 45 derajat. 

Hanya saja yang paling umum adalah model sudut 30 dan 45 derajat.

Disarankan sebaiknya menggunakan model pendek dengan sudut 30 derajat. Karena model yang tinggi terkadang meleset jika tidak hati-hati.

Ukuran kunci ring yang tersedia

Ukuran kunci ring di indonesia umumnya menggunakan ukuran metrik (dalam mm). Yang umum misalnya 10-11 mm dan 10-12 mm.

Penggunaan kunci ganjil memang jarang ditemui, tetapi jika anda mengerjakan mobil Eropa, ukuran 11 dan 13 cukup sering digunakan dibengkel. Walaupun sekarang banyak yang sudah menggunakan baut bintang

Secara umum, ukuran kunci ring dalam ukuran metrik adalah 6-7 mm sampai 30-32 mm. Dan sebaiknya ketika beli kunci set untuk toolbox mekanik, pilih sesuai kebutuhan dan yang cukup sering digunakan. Sisanya disimpan di ruangan (mungkin yang ukuran besar dan jarang digunakan)

Cara menggunakan kunci ring

Cara menggunakan kunci ring

Untuk menggunakan kunci ring sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kunci-kunci yang lain :

  • Karena kunci ring mempunyai 12 lekukan pada sisi dalam, kunci ini dapat digunakan dengan memutarnya sedikit terkadang kunci pas memang lebih leluasa

  • Jika dirasa lebih leluasa menggunakan kunci pas, sebaiknya kendorkan baut atau mur dengan kunci ring terlebih dahulu.

  • Plihlah kunci ring dengan ukuran yang tepat dan masukkan sedalam-dalamnya dan tepat kedalam mur atau baut.  Dan pastikan sejajar dengan baut dan mur yang akan dilepas

  • Dianjurkan ketika menggunakan kunci ring sebaiknya dengan ditarik

Hal yang harus dihindari

  • Saat menggunakan kunci ring sebaiknya jangan disambung, jika momen kurang besar sebaiknya gunakan kunci yang lain seperti kunci socket.

  • Jangan memukul kunci ring dengan palu besi terutama pada bagian ringnya.

Semoga topik ini bermanfaat, salam kunci


Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Kunci Ring dengan Benar Agar Baut Tidak Slek"