Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Servis Berkala Mobil

Pada saat melakukan perawatan berkala, tentunya ada penggantian suku cadang yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Ini karena suku cadang tersebut memiliki masa pakai yang dianjurkan oleh pabrikan.

Jika kita mengabaikannya, bisa jadi nantinya akan menimbulkan masalah dikemudian hari. 

Tentunya anda tidak mau kan hal itu terjadi ?

Oleh karena itu, ketika perawatan berkala bengkel atau teknisi akan memberi info beberapa komponen yang kemungkinan ganti pada periode tertentu.

Berikut ini adalah komponen yang wajib diperhatikan dan mungkin diganti supaya mobil tetap bekerja dengan baik.

1. Oli mesin

servis berkala mobil

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin dan menjaga komponen mesin bekerja dengan baik. Oli juga berfungsi sebagai pendingin, pelindung, pembersih, dll.

Pada jadwal penggantian, umumnya oli akan diganti oleh dealer pada 1.000 km pertama. Selanjugnya baru mengikuti jadwal setiap 10.000 km. Walaupun ada juga yang menyarankan penggantian dilakukan setian 5.000 km karena dikawatirkan terjadinya sludge pada oli

2. Busi

komponen yang harus diperhatikan saat servis berkala


Busi berfungsi untuk memercikan bunga api agar terjadi pembakaran pada mesin. Busi bekerja pada temperatur dan tekanan yang ekstrim. Sebaiknya jangan tunggu busi sampai mati baru diganti. Tetapi ikuti sesuai jadwal

Jadwal penggantian busi akan dipengaruhi tipe busi yang digunakan. Dan tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi harga dari busi.

3. Kanvas Rem

kanvas rem

Kanvas rem berperan sangat penting untuk pengereman. Dan tentunya fungsinya tidak bisa dipandang enteng. Jangan tunggu kanvas rem sampai habis, karena resiko cukup berbahaya ketika berkendara.

Penggantian komponen ini biasanya disesuaikan dengan pemeriksaan rutin kendaraan

4. Kanvas Kopling

Fungsi kanvas kopling adalah membantu mengirimkan tenaga mesin ke roda. Kanvas kopling cepat habis karenan kondisi pengendaraan dan kondisi jalanan. 

Memang agak sulit menjadwalkan penggantian kopling, walaupun ada yang menyarangkan ganti sekitar 50.000 km. Tetapi memang sulit karena bisa saja lebih cepat.

Untuk itu setiap perawatan berkala mobil sebaiknya dicoba dengan seksama.

5. Aki

aki mobil

Aki merupakan bagian penting pada mobil karena memberi pasokan listrik terutama pada saat start. Saat aki sudah lama dipakai (biasanya 2-3 tahun) kemungkinan aki akan drop dan tidak mau diisi kembali.

Ada baiknya setiap perawatan berkala aki diperiksa menggunakan battery tester.

6. Lampu

Bagian lampu merupakan salah satu komponen yang harus sering diganti. Usia pakainya dipengaruhi oleh suplai kelistrikan yang ada. Dan biasanya dipengaruhi oleh pemasangan yang kurang baik.

Oleh karena itu lampu harus sering diperiksa ketika perawatan berkala.

7. Filter

Filter udara

Terdapat beberapa filter dalam kendaran, seperti filter oli, filter bahan bakar dan filter udara. Dan juga kebanyakan kendaraan sekarang memiliki filter AC.

Usia pakai filter memang relatif rendah terutama jika lingkungan kita cukup berdebu. Oleh sebabg itu sebaiknya filter udara rutin dibersihkan dan kalau perlu diganti.

Tentu saja komponen-komponen diatas harus diperiksa terlebih dahulu, dan disesuaikan dengan jadwal penggantiannya.

Posting Komentar untuk "7 Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Servis Berkala Mobil"