Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Ketika Kami Mencobanya

cara kerja mobil hybrid

Percaya atau tidak, mobil hybrid pertama kabarnya dikembangkan oleh Ferdinand Porsche pada tahun 1901.

Belum lahir kan ?

Hanya saja baru pada tahun 1997 Toyota sukses memperkenalkan mobil hybrid yaitu Toyota Prius. Baru setelahnya diikuti oleh Honda Insight pada tahun 1999.

Secara sekilas, 

Ketika kita membuka kap motor akan terlihat mesin biasa. Karena cara kerja mobil hybrid memang mengatur motor listrik dan mesin bergantian.

Hal ini sesuai dengan namanya 'hybrid' yang artinya dua elemen berbeda namun satu kesatuan. 

Sejauh ini yang sering kita jumpai adalah Toyota Camry, Mitsubishi Outlander, Honda Civic (CBU), Lexus LS 460 Hybrid, Suzuki Ertiga Diesel, dll

dan pada mobil-mobil tersebut memiliki dua jenis mesin yaitu mesin bensin/ diesel dan juga mesin listrik. Harapannya bisa ngebut dan tetap irit.

Beberapa tipe mobil hybrid

Ternyata saat ini ada tiga tipe hybrid yang sudah beredar di pasaran. 

Pertama tipe Mild Hybrid

Tipe ini juga disebut dengan istilah micro hybrid. Kita bisa temui pada mobil Suzuki Ertiga. Pada mobil ini terdapat alternator yang cukup besar yang berfungsi sebagai generator dan alternator.

Dan juga dilengkapi dengan dua baterai, satu 12 V dan satu lagi 48 volt khusus untuk melayani generator ketika start stop dan juga ketika akselerasi.

Pengisian untuk baterai memanfaatkan energi listrik ketika terjadi pengeraman dan juga ketika pedal gas dilepas saat disakselerasi.

Jadi disini motor listrik pada alternator tadi tidak menggantikan mesin tetapi membantu mesin ketika mobil akselerasi sehingga bebannya berkurang. Hasilnya mobil jadi lebih irit bahan bakar

Kedua adalah tipe full hybrid

Jenis ini adalah model yang banyak digunakan saat ini. Contohnya pada Toyota Camry Hybrid. 

Pada tipe ini terdapat mesin bakar dan motor listrik yang akan bekerja bergantian ketika mobil berjalan. Dan agar pergantiaanya halus, terkadang mesin dan motor bekerja bersamaan.

Ketiga adalah tipe Hybrid Rechargeable.

Ciri-ciri mobil yang menggunakan tipe ini akan disediakan charger dan juga tempat pengisian bahan bakar. Seperti yang pernah saya jumpai di pada Mitsubishi Outlander.

Bagian-bagian mobil hybrid

Supaya lebih enak ketika mempelajari mobil hybrid, saya akan ajak dulu lihat bagian-bagian mobil hybrid secara umum.

Motor bakar

Motor bakar atau mesin ini merupakan sumber tenaga utama pada mobil hybrid. Apalagi pada tipe 'mild hybrid'. 

Mesin yang digunakan umumnya adalah mesin bensin 4 tak. Dan sampai saat ini hanya sedikit yang menggunakan mesin diesel.

Mesin akan bekerja ketika kapasitas beterai kurang dari ketentuan. Dan juga ketika kecepatan diatas 30-40 km/jam (tergantung mobil). Dan juga mesin akan bekerja ketika akselerasi.

Motor listrik

Motor listrik ini akan bekerja menggantikan mesin. Biasanya bekerja ketika kecepatan rendah dan dengan catatan baterai masih penuh.

Pada saat mesin stasioner, baterai dan baterai penuh kalau saya amati pada mobil camry motor listrik dan mesin tidak bekerja, hanya saja untuk melayani AC, ada motor listrik khusus untuk memutar kompresor.

Baterai

Baterai yang dimaksud disini adalah baterai utama yang melayani motor listrik hybrid. Karena sejauh ini beberapa mobil yang saya temui menggunakan dua baterai. Seperti halnya pada Camry.

Baterai berfungsi vital sebagai sumber tenaga utama motor listrik. Ukurannya cukup besar dan kalau diamati ada yang menggunakan 16 sel ada juga yang lebih. 

Yang harus menjadi catatan adalah 

Hati-hati ketika menangani baterai utama ini, karena memiliki tegangan tinggi. Perlakuannya tidak boleh disamakan dengan baterai biasa.

Control unit

Control unit ini yang akan mengatur kapan mesin bekerja dan kapan motor listrik bekerja. Tentunya sesuai dengan kebutuhannya. 

Jadi control unit ini juga mengatur pengisian baterai utama dan memonitor keadaanya. Jika saya lihat dengan scantools, control unitnya dipisah dengan control unit engine management system.

Cara kerja mobil hybrid

Diatas sudah dibahas bahwa ada 3 tipe mobil hybrid. Dan tentunya ketiganya memiliki perbedaan cara kerja. Walaupun secara prinsip mirip.

Bahkan pada tipe hybrid yang sama saja ada sedikit perbedaan karakter. Karena hasil pengamatan saya pada Toyota Camry tidak terlalu bisa saya gunakan untuk Lexus LS460 Hybrid. Walaupun perbedaanya hanya sedikit.

Hanya saja secara prinsip cara kerja mobil hybrid adalah sebagai berikut.

Ketika kita menstarter mobil,

Jika baterai penuh, seperti tidak terjadi apa-apa. Kecuali ketika kita start sambil menginjak gas. Jika kita melepas gas mesin akan mati. Jika tadi kita menghidupkan AC dan lampu, maka keduanya akan tetap beroperasi.

Mesin akan hidup dengan sendirinya ketika tegangan baterai sudah dibawah ketentuan. 

Ketika menjalankan mobil, 

Ini yang saya amati dari display Toyota Camry

Mesin akan bekerja terlebih dahulu dan terkandang jika baterai masih penuh, mobil akan berjalan sangat halus karena motor listrik yang bekerja. 

Sekali waktu ketika kita menginjak pedal gas lebih dalam, mesin dan motor listrik bekerja bersamaan untuk memperhalus perpindahan (dilihat dari monitor).

Dan ketika mengebut, lebih banyak mesin yang bekerja dan pada saat ini terjadi juga pengisian baterai.



Posting Komentar untuk "Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Ketika Kami Mencobanya"