Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Koil Mobil Lemah, Nomer 6 Paling Banyak Dijumpai

Ciri-ciri koil mobil lemah

Pada topik kali ini kami akan mebahas tentang ciri-ciri koil mobil lemah. 

Jika didasarkan dengan pengalaman kami, ada beberapa gejala mobil yang mengarah pada kerusakan koil. Walaupun terkadang kita bisa tertipu juga dengan gejala mirip tetapi bukan dari kerusakan koil.

Dan tentunya harus diingat bahwa saat ini mobil yang sedang kita tangani mungkin memiliki jumlah koil yang berbeda. Hal ini mungkin akan menyebabkan ciri kerusakan yang berbeda

Apa itu koil pengapian?

Sebelum menujug pada topik utama, mungkin kami perlu mengingatkan kembali tentang apa itu koil pengapian.

Koil pengapian berfungsi untuk menaikan tegangan baterai menjadi ribuan volt agar bisa menghasilkan percikan api busi yang baik pada mesin diwaktu yang tepat.

Didalam coil pengapian terdapat dua lilitan yang disebut lilitan primer dan sekunder. Pada sebagian koil pengapian saat ini didalamnya juga dipasang igniter langsung yang biasanya memiliki ciri dengan 4 pin kabel.

Ciri-ciri koil mobil lemah

Paling tidak ada 8 ciri-ciri koil pengapian mobil mulai lemah. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1 Mesin tersendat ketika digas

Ketika mesin mobil terasa tersendat ketika digas, bisa jadi koil pengapian sudah lemah. Walaupun memang bisa jadi disebabkan oleh hal lain seperti filter bensin atau busi.

Ketika koil lemah, pengapian juga menjadi lemah sehingga kemampuan dalam melakukan proses pembakaran akan berkurang. Terkadang bagus terkadang tidak, hal inilah yang menyebabkan mesin seperti tersendat

2 Koil terasa panas

Koil pengapian yang terasa panas tentu saja menjadi lebih lemah. Karena tahanan lilitan didalam koil akan bertambah ketika panas berlebihan.

Pada koil model botol, umumnya memiliki pendingin didalam koil, jika pendingin tersebut sudah kering, maka koil menjadi panas dan tentu saja menjadi lemah

3 Muncul percikan api

Koil pengapian lama kelamaan bisa mengalami keretakan. Hal ini bisa menyebabkan kebocoran tegangan tinggi pada koil.

Ketika bocor, percikan api akan terlihat melompat ke masa mesin. Atau kalau tidak akan terdengar suaranya saja.

Jika percikan api terjadi, tentu saja percikan api busi akan lebih lemah karena tegangan sudah dibuang ke masa mesin sebelum sampai ke busi

4 Percikan api busi tidak normal

Percikan api busi tidak normal ini hanya bisa diketahui ketika kita membukanya dan mengetesnya ke body. Ketika percikan api terlihat kecil , kemungkinan besar busi atau koilnya sudah lemah.

Ditempat kami, pengecekan tidak dilakukan dengan cara demikian tetapi dengan coil tester untuk mengetahui besar tegangan yang dihasilkan oleh koil pengapian

5 Starter mobil panjang

Pada saat mobil distarter ketika dingin, bahan bakar akan lebih gemuk. Dan tentu saja pada saat ini juga diperlukan percikan api busi yang lebih besar.

Jika koil pengapian lemah, bisa jadi mesin jadi lebih susah hidup. Dan ini ditandai dengan starter lebih panjang dari biasanya

6 Mesin mobil pincang

Pada mobil yang menggunakan koil pada masing-masing busi, jika salah satu koil lemah tentu saja mesin hidup tetapi akan terasa pincang.

Hal ini disebabkan oleh karena pembakaran pada salah satu silinder tidak sempurna. 

Terkadang pada kasus ini akan menyebabkan lampu indikator mesin menyala dan pada beberapa tipe mobil akan ada DTC misfiring.

7 Mesin mobil mati mendadak

Pada kasus yang lebih parah, mesin mobil bisa mati mendadak dikarenakan koil pengapian yang terlalu lemah. Pembakaran tidak terjadi karena percikan api yang sangat kecil.



Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Koil Mobil Lemah, Nomer 6 Paling Banyak Dijumpai"