Perhatian untuk Pengguna Nissan Juke, Livina dan Serena! Waspadai Ini Kalau Tidak Mau ECU Jebol

Koil nissan rusak

Belajar dari beberapa kasus mobil Nissan Juke, Livina dan Serena, jika mesin pincang gara-gara koil jangan dianggap sepele ya. Karena dari beberapa pengalaman jika tidak segera diperbaiki bisa menghantam ke sistem Electronic Control Unit (ECU)

Ada kemungkinan kita menunda untuk mengganti koil pengapian dengan berbagai alasan, tetapi malah apes karena kerusakannya kearah yang lebih mahal.

Kalau info dari tukang ECU, lebih banyak kasus terjadi pada 3 tipe diatas karena rangkaian pengaman untuk koil pengapian agak berbeda dengan merk lain sehingga sering terjadi kerusakan tersebut.

Alasan teknisnya karena didalam koil pengapian sekarang ini terdapat igniter atau mirip dengan CDI. Jadi jika ada permasalahan kebocoran percikan api, bisa berpengaruh ke igniter tersebut dan lama kelamaan pecah dan rusak.

Jika dibiarkan, igniter yang rusak tadi bisa menyebabkan kurang stabilnya signal dan menghatam pengirim signal yaitu ECU.

Kalau begitu ganti dengan koil KW bagaimana?

Untuk spesial mobil diatas sebaiknya jangan, beberapa pengalaman kami lebih banyak kumat dan tidak meyelesaikan masalah. Mungkin karena kualitas igniternya yang tidak baik sehingga malah bermasalah. 

Sudah begitu cukup sulit untuk memeriksa koil pengapian secara manual karena harus membongkar intake manifold.

Bagaimana cara memeriksa dengan mudah?

Jika punya scanner mobil, kita bisa memeriksa dengan menu engine balance seperti yang kami lakukan pada gambar. Sehingga proses pemeriksaannya tidak perlu bongkar koil terlebih dahulu.

Semoga membantu

Posting Komentar untuk "Perhatian untuk Pengguna Nissan Juke, Livina dan Serena! Waspadai Ini Kalau Tidak Mau ECU Jebol"