Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Vehicle Stability Control (VSC) pada Mobil

Anda akan menemu teknologi Vehicle Stability Contorl (VSC) ini pada mobil seperti Toyota, Daihatsu dan mungkin beberapa merk lain. Bukan berarti pada mobil lain tidak menggunakan teknologi ini, tetapi mungkin dengan nama lain.

Apa itu Vehicle Stability Control (VSC) pada mobil?

Ini adalah salah satu teknologi sistem rem yang dirancang untuk mengurangi resiko kecelakaan pada saat berkendara. Terutama saat kita mengalami under steer, over steer dan beberapa situasi lain.

Teknologi ini merupakan pengembangan dari sistem rem ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake Distribution). Yang memungkinkan pengereman diatur berbeda pada masing-masing roda ketika kendaraan mengalami situasi berbahaya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Pada versi yang lebih mutakhir, pembukaan gas juga akan dikurangi secara elektronik agar rpm menjadi turun. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika panik kita masih menginjak pedal gas terlalu dalam.

Seperti apa gambaran kinerja VSC?

Kinerja VSC bisa dilihat dari video youtube berikut.


Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut

Ketika kita panik ketika menghindari benda dijalan, pastinya kita reflek untuk membanting kemudi dan terkadang membalik kemudi lagi. Kejadian ini bisa menyebabkan mobil terbalik ataupun kebanting.

Untuk mengurangi resiko tersebut, VSC melalui sensor sudut putaran kemudi akan membaca putaran kemudi yang tiba-tiba tersbut, kemudian VSC akan melakukan pengereman pada beberapa sisi roda yang lebih keras dari yang lain secara bergantian ketika kita menginjak rem.

Tentunya bukan hanya sensor itu saja yang bekerja tetapi ada sensor putaran roda dan sensor lateral kendaraan.

Indikasi VSC bermasalah

Apabila terjadi permasalahan pada VSC ini, maka lampu indikator akan menyala. Ada kendaraan yang menggunakan simbol mobil tergelincir tetapi ada juga yang tetap menggunakan simbol ABS.

Jika lampu indikator ini sudah menyala, artinya memang VSC bermasalah dan kita harus membawa kendaraan kebengkel. Karena memang kemungkinan kerusakannya bermacam-macam.

Ketika di bengkel, tentu saja harus dilakukan diagnosa dengan scanner mobil. Tujuannya agar ada petunjuk kerusakan komponen pada VSC.

Tetapi hati-hati, 

Yang tampil pada scanner mobil harus dibaca dengan seksama dan jangan langsung ganti barang. Masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan tergantung DTC yang ditimbulkan

Ingat jangan cabut baterai pada DTC VSC ini. Bisa jadi permasalahan malah timbul karena baterai dicabut. Karena perlu learning pada komponen yang kehilangan daya pada saat cabut baterai.




Posting Komentar untuk "Apa Itu Vehicle Stability Control (VSC) pada Mobil"