Arti Lampu Indikator Mobil Menyala

arti lampu indikator mobil menyala

Kita harus waspada jika lampu indikator mobil menyala saat dikendarai. Itu bisa berarti terdapat masalah yang cukup serius pada mobil.

Secara umum lampu indikator pengingatan pada mobil akan menyala ketika kunci kontak pada posisi ON.

Betul?

Kemudian beberapa lampu akan padam setelah tiga detik. Contohnya adalah lampu airbag (walaupun pada beberapa mobil tetap menyala)

Kemudian setelah mesin di hidupkan, seharusnya lampu indikator akan mati. Jika tidak, berarti terdapat masalah pada sistem di mobil.

Arti lampu indikator mobil

Terdapat puluhan lampu-lampu indikator pada mobil. Dan ketika menyala, masing-masing memiliki arti tersendiri.

Kita akan mempelajari satu persatu dibawah ini.

Lampu Indikator Baterai


Jika lampu indikator baterai menyala ketika mobil sedang hidup, artinya sistem pengisian pada mobil tidak bekerja.

Beri tahu pelanggan Anda jangan nekat untuk tetap bepergian. 

Nanti mobil bisa mogok dijalan karena kehabisan strom. Pada kondisi ini, sistem kelistrikan mobil hanya ditopang oleh baterai saja. Jika baterai sudah habis, maka banyak sistem yang tidak berjalan dan mesin dimatikan

Tetapi sebenarnya, kita bisa menyarankan untuk pemilik mobil agar mengecek kondisi mobil dari yang sepele terlebih dahulu. 

Contohnya:
  • Kekencangan terminal baterai.
  • Kondisi belt alternator putus atau atau tidak. Atau mungkin hanya sekedar selip (biasanya disertai dengan bunyi).

Selebihnya memang harus dibawa kebengkel. Karena kemungkinan besar alternator tidak bekerja. Jadi perlu servis atau mungkin harus diganti.

Lampu Indikator Tekanan Oli


Jika lampu indikator tekanan oli menyala ketika mobil hidup, kita harus waspada dan segera berhenti di tempat yang aman.

Bisa jadi mobil kekurangan oli atau karena tekanan oli bermasalah. Lebih baik segera cek kapasitas oli dan segera sarankan pelanggan untuk ke bengkel.

Repotnya jika lampu indikator tekanan oli menyala dan kita tetap dikendarai, komponen mesin menjadi aus. Dan paling parah mesin jadi macet dan harus turun mesin dengan biaya yang lebih besar.

Lampu Indikator Temperatur Mesin


Lampu indikator temperatur mesin ini menunjukkan temperatur terlalu panas atau overheat. Sistem pendinginan mesin sedang bermasalah dan kita harus segera menepi.

Jika dibiarkan, mesin akan semakin panas, semakin aus dan mungkin akan macet. Ketika sudah mogok, pastinya harus turun mesin dan mengeluarkan biaya lebih besar.

Ketika sudah menepi, jangan langsung buka tutup radiator. Sangat BERBAHAYA, air bisa saja langsung menyembur ke tubuh kita.
Pada beberapa mobil terdapat indikator hijau dan merah. Untuk yang berwarna hijau artinya masih normal. Dan kita tidak perlu kuatir.

Lampu Indikator Mesin atau Check Engine


Lampu indikator bergambar mesin atau check engine sering disebut juga Malfunction Indicator Light (MIL).

Jika lampu MIL menyala menandakan terdapat permasalah pada sistem EFI pada mesin. Pada beberapa kerusakan, mobil akan masuk ke mode limp-home. Misalnya kecepatan kendaraan dibatasi hanya 60 km/jam, dll.

Untuk kasus MIL menyala, kita harus memeriksa dengan scanner mobil dibengkel. Tujuannya agar mendapatkan kode kerusakan atau Diagnostic Trouble Code (DTC).

Apa itu DTC ?

Silahkan baca pada artikel berikut. Dan sudah tidak jamannya lagi tebak-tebakan ganti komponen.

Lampu Indikator Airbag


Airbag adalah alat keselamatan ketika mobil terjadi kecelakaan. Airbag akan mengembang jika terjadi kecelakaan pada benturan tertentu. Lampu Indikator Airbag akan menyala jika terdapat kerusakan pada sistem. Lampu airbag akan menyala ketika kunci kontak on dan sekitar 3 detik kemudian akan mati.

Jika lampu airbag menyala, kita harus periksa dengan scanner mobil di bengkel.

Lampu indikator Anti-lock Brake System (ABS)


ABS atau Anti-lock Brake System merupakan fitur keamanan yang aktif berfungsi untuk mencegah roda mengunci pada saat mobil di rem mendadak.
Jika lampu ABS menyala artinya sistem ABS tidak bekerja. Sistem rem hanya bekerja seperti rem tanpa ABS. Untuk mengetahui problem kerusakannya, kita mesti akses dengan scanner mobil

Lampu indikator Elektronic Power Steering (EPS)


Pada beberapa tipe mobil, menggunakan tipe kemudi electronic power steering (EPS). Jadi powes steering bekerja dengan bantuan motor listrik.
Jika lampu EPS menyala, kemudi menjadi berat dan kenyamanan berkurang. Untuk mengetahuinya kita harus menggunakan scanner mobil

Lampu Indikator Bahan Bakar


Lampu indikator bahan bakar menunjukkan bahan bakar tinggal sedikit. Segera cari tempat pengisian bahan bakar terdekat agar tidak kehabisan.

Lampu Indikator Sabuk Pengaman


Lampu indikator sabuk pengaman mengingatkan kita untuk menggunakan sabuk pengaman. Jangan di abaikan, demi keselamatan berkendara.

Lampu indikator pada mobil modern

Lampu indikator diatas cukup umum terdapat pada mobil, tetapi pada mobil modern terutama pabrikan eropa, memiliki lebih banyak sistem. Dibawah ini adalah daftar lampu indikator yang kedepan akan banyak ditemui pada mobil modern.

Lampu Indikator Tekanan Ban atau Tire Pressure Monitoring Sensor (TPMS)


Lampu indikator ini menunjukkan tekanan angin ban kurang. Jadi silahkan pompa ban mobil anda sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Jika sudah dipompa ternyata masih menyala, mungkin terdapat kerusakan pada sistem di mobil.

Lampu indikator Electronic Stability Program (ESP)


ESP atau electronic Stability Program adalah pengembangan dari sistem rem ABS. Dengan ESP mobil mampu dikendalikan ketika kita melewati jalan licin atau menghindari benda di depan. Dan juga memperkecil resiko oversteer dan understeer.

Jika lampu ESP menyala, sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel. Dikarenakan perlu alat scanner mobil yang mampu membaca kerusakan pada sistem ESP. Pada beberapa mobil, permasalahan pada ESP bisa disertai dengan lampu check engine menyala juga.

Lampu indikator Elektro-mechanical Parking Brake


Jika mobil terdapat lampu indikator ini, menandakan rem parkir menggunakan electro-mechanical parking brake (EPB) yang digerakkan oleh motor.

Jika indikator masih menyala, artinya rem parkir masih aktif. Dan release dengan menekan tombol sebelum berkendara

Ditunggu kelanjutannya


salam kunci

2 komentar untuk "Arti Lampu Indikator Mobil Menyala"

Comment Author Avatar
Assalamualaikum saya Nabila Febrianti dari SMK negeri 54 jakarta ingin bertanya tanda tanda apa sajakah jika lampu indikator rusah?terimakasih
Comment Author Avatar
barangkali ada yang cari info tempat service speedometer
bisa mampir ke blog kami gan

Bengkel Speedometer Mobil Terdekat